Sabtu, 16 April 2011

Boleh kok berkolesterol, asal...




Kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel. Seperti yang kita tahu, lemak itu salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Di samping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat.

Ternyata, lemak ini sangat berguna bukan?
Tapi.. seperti yang biasa kita ketahui, segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik. :)

Kolesterol bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan junkfood. Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya, kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan sumber kolesterol (seperti makanan berminyak, bersantan, dan makanan fastfood) , alkohol dan gula yang berlebihan.

  Lantas bagaimana penanganan hiperkolesterol?

Makanlah makanan tinggi serat, gunakan minyak mufa (mono-unsaturated fatty acid) dan pufa (poly-unsaturated fatty acid), suplementasi minyak ikan, vitamin antioksidan dan pertahankan berat badan ideal.
Apabila pengatura gaya hidup tidak mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, maka pasien harus mengkonsumsi obat. Obat yang dapat digunakan antara lain:

Golongan asam fibrat à Gemfibrozil, Fenofibrate dan Ciprofibrate, golongan resin à Kolestiramin (Chlolestyramine), golongan Penghambat HMGCoa reduktase à Pravastatin, Simvastatin, Rosavastatin, Fluvastatin, Atorvastatin, golongan Asam nikotinat à niasin dan
golongan Ezetimibe

Hm, penyakit ini sering dibuat pelesetan, bahwa kolesterol merupakan penyakit orang kaya. Karena banyaknya daftar makanan yang harus dihindari, dan rata-rata makanan enak seperti gambar di atas. Kolesterol juga pada umumnya menyerang orang berusia tiga puluh tahun ke atas. Tapi tidak menutup kemungkinan, sekarang semakin banyak usia muda yang terkena kolesterol. Apa boleh buat, gaya hidup memang harus diatur jika ingin menikmati hidup tanpa berbagai rintangan makanan. Olahraga teratur merupakan cara terbaik membakar lemak.

Salam Herbal :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Herbal Diabetes Melitus - Blogger Templates, Wordpress Templates Free - by Templates para novo blogger HD TV Watch Entourage Online. Featured on Local Business Singapore